membuat deret fibonachi dengan python

selamat datang di website saya di taufikbudiblog.wordpress.com kali ini kita akan  belajar bersama mengenai  program deret fibonachi menggunakan  bahasa pemograman python

berikut list source code nya:

fibs = [0,1]

num = input(“masukan jumlah deret fibbonacci: “)

num = int(num)

if num<3:

print(“minimal 3 deret”)

else:

for i in range (num-2):

fibs.append (fibs[-2]+fibs[-1])

print (fibs)

Deret Fibonacci merupakan deret bilangan yang mempunyai nilai awal  0 dan 1,dan bilangan berikutnya didapat dari penjumlahan 2 bilangan sebelumnya. Jadi diperlukan minimal 3 angka untuk menghasilkan deret Fibonacci.

Untuk menampilkan deret Fibonacci dalam program, kita dapat memanfaatkan sifat array pada python dimana terdapat beberapa fungsi yang dapat digunakan salah satunya yaitu kita dapat menambahkan/menyisipkan elemen array dengan menggunakan fungsi atau perintah append.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat program ini adalah memberikan harga awal pada array yang akan digunakan.jadi, perlu diberikan harga awal 0 dan 1 sesuai dengan sifat bilangan Fibonacci yang selalu diawali dengan angka 0 dan 1.

fibs = [0,1]

Setelah membuat harga awal pada array, perlu ditentukan juga banyaknya bilangan dalam deret bilangan yang akan ditampilkan dengan cara meminta input dari keyboard, karena banyaknya bilangan akan digunakan untuk menentukan banyaknya perulangan.

num = input(“masukan jumlah deret fibbonacci: “)

num = int(num)

Karena program ini dibuat menggunakan python versi 3.1, maka semua input yang didapat dari keyboard dianggap sebagi string.untuk itu perlu dilakukan konversi tipe data dari string menjadi integer supaya hasil input dapat digunakan sebagai banyak perulangan.jadi perlu ditambahkan kode num = int (num) seperti kode diatas.

if num<3:

print(“minimal 3 deret”)

Setelah diketahui banyaknya bilangan pada deret yang akan ditampilkan, perlu dilakukan percabangan program karena diperlukan minimal 3 bilangan untuk menghasilkan deret Fibonacci sehingga jika banykanya bilangan yang diinput dalam hal ini ditampung didalam variable num = 2, output program hanya akan menampilkan angka 0 dan 1, dan belum dapat dikatakan bilangan-bilangan tersebut merupakan deret Fibonacci.jadi kode diatas berfungsi untuk mencetak kalimat “minimal 3 deret” jika input yang didapat kurang dari 3.

else:

for i in range (num-2):

fibs.append (fibs[-2]+fibs[-1])

print (fibs)

Jika num lebih dari 2, maka deret Fibonacci dapat ditampilkan dalam output program dengan cara membuat perulangan supaya banyaknya bilangan yang ditampilkan sesuai dengan input yang telah dimasukkan.kode for i in range (num-2) diatas, berfungsi untuk perulangan sebanyak (num-2) kali.hal ini karena kita telah memberikan harga awalpada array fibs[ ] sebanyak 2 elemen, sehingga jika banyaknya bilagan yang diminta = 6 maka hanya perlu dilakukan perulangan 4 kali lagi.dimana I merupakan variable perulangan yang berfungsi sebagai pengontrol banyaknya perulangan.

Kode fibs.append (fibs[-2] + fibs[-1]) berfungsi untuk menambahkan elemen pada array fibs[ ].elemen yang ditambahkan adalah hasil dari penjumlahan elemen array  fibs[ ] indeks ke -1 ditambah dengan indeks ke -2.dengan kata lain, elemen yang ditambahkan kedalam array fibs[ ] adalah hasil dari penjumlahan elemen terakhir pada array fibs[ ] dengan elemen sebelumnya.setelah elemen ditambahkan, array fibs dapat ditampilkan atau dicetak.

Output program:

demikian lah program deret fibonaci dengan menggunakan python,semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua

Tinggalkan komentar